Minggu, 24 Maret 2013

SEJARAH BERDIRINYA PNI

SEJARAH BERDIRINYA PNI

                A.   Latar Belakang Berdirinya PNI
          Partai nasional indonesia (PNI) adalah partai poltik tertua di indonesia. Partai ini didirikan pada tanggal 4 juli 1927 di Bandung dengan nama perserikatan Indonesia. Baru setelah itu pada tanggal 1928 berganti nama menjadi Partai Nasional Indonesia. Lahirnya PNI dilatarbelakangi oleh situasi sosio-politik yang kompleks, yang mau tidak mau organisasi baru itu harus menyesuaikan dengan situasi baru. Pemberontakan PKI pada tahun 1926 itu membangkitkan semangat baru untuk untuk menyusun kekuatan baru lagi untuk menghadapi pemerintah. Melihat pengalaman yang sudah berlangsung perlu kiranya diadakan perbaikan organisasi dan sistem kerjanya. Dan yang paling penting adalah kekosongan kekuatan nasional yang harus segera didiisi.
             Setelah PKI gagal bergeraklah Sujadi , wakil PI di Indonesia yang segera memberitahu kepada Moh. Hatta bahwa ia, Iskaq dan Budiarto akan membentuk partai baru sesuai dengan rencana PI. Sebelum Hatta merealisasikan rencana partai baru yang akan dikendalikan dari Belanda, di Indonesia muncul gerakan baru menuju persatuan Nasional. Terhadap partai baru itu Hatta tetap menekankan peranan pendidikan dan melalui pendidikan ini ia menyiapkan rakyat untuk mendapatkan kemerdekaan secara pelan-pelan.
            Pertemuan tanggal 4 juli 1927 diadakan di Bandung  oleh kelompok nasionalis yang mendukung berdirinya Perserikatan Indonesia (PNI). Tujuan PNI adalah untuk mencapai Indonesia Merdeka, sedangkan asasnya berdiri diatas kaki sendiri, nonkoperasi dan marhaenisme. Ketiga asas itu kemudian dipakai sebagai prinsip PNI. Anggaran dasar organisasi diambil dari cita-cita PI. Ketuanya dipercayakan kepada Ir.soekarno dan dalam waktu dekat akan di selenggarakan kongres.

               B.  Perkembangan PNI

Soekarno selalu memperingatkan sebaiknya bangsa Indonesia bersatu dalam satu organisasi rakyat umum yang tidak dapat dipatahkan. Dengan berdirinya PNI diharapkan semua rakyat bersatu dan dapat menjalankan usaha yang sudah dirancangkan untuk melenyapkan kekuasaan jajahan dengan cara yang aman, dimana kekuasaan tidak menghalangi kemajuan rakyat. Oleh karena itu mulanya PNI selalu mengusahakan supaya bukan hanya terdapat orang-orang yang pandai akan dibidang itu tetapi banyak orang-orang yang menjadi anggota dari PNI itu sendiri.untuk menjadi anggota tidak langsung diterima melainkan harus mengikuti syarat-syarat yang diberikanoleh ketua-ketua daerah. Untuk menjadi anggota biasa pun juga akan diberi latihan-latihan agar mahir sesuai peranannya di PNI.

Pada kongresnya yang kedua tanggal 18-20 mei 1929 di jakarta PNI memutuskan akan mengadakan pelatihan-pelatihan untuk mengajarkan sosialisme, anarkisme, komunisme dsb. Hal itu dimaksudkan supaya orang dapat menjunjung “nasonalisme” nya sendiri dengan sadar dan juga dapat memisahkan dari pengaruh aliran-aliran lain.

PNI pun mulai berkembang. Pada akhir tahun 1927 tercatat menjadi 3 cabang. Selain di Bandung juga terbentuk cabang di Yogyakarta dan di Batavia. Pada bulan Desember dibentuk juga sebuah panita di Surabaya untuk persiapan pembentukan cabang baru di kota tersebut. Di Surabaya sendiri PNI resmi berdiri pada 5 February 1928 puncak perkembangan PNI selama tiga tahun disertai propaganda yang bertemakan karakter yang buruk dari penjajahan, konflik penguasa dan yang dikuasai, front sawo matang melawan front sawo putih, menghilangkan ketergantungan dan menegakkan kemandirian, dan perlu membentuk “negara dalam negara”. Dalam rangka kaderisasi organisasi itu para pemuda mendirikan Pemuda Indonesia dan Organisasi wanita Putri Indonesia. Jakarta, Yogyakarta, Surakarta, dan Surabaya menjadi cabang organisasi pemuda dan wanita.
PNI berhasil membuktikan keberhasilannya yang dapat dilihat pertama sekali yaitu, hasil usahanya mendirikan Perkumpulan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI), yang sudah ada pada pertengahan Desember 1927. Badan ini ialah federasi daripada PNI, PSI, BU, Pasundan, Kaum Betawi, Sumatranenbond dan studieclub-studiclub. Sehinnga dari federasi ini memberi kesempatan pada PNI mempropagandakan asas-asasnya sendiri di khalayah ramai. Federasi ini memberi pengaruh kepada PNI karena banyak kedekatan antara pemimpin-pemimpin pergerakan seumumnya. Seperti yang kita ketahui bahwa pemimpin-pemimpin PNI iti ialah orang-orang tamatan sekolah tinggi yang mengorbankan jiwa dan raganya untuk mengejar cita-cita bangsa.
Selanjutnya didirikan beberapa perkumpulan pekerja seperti, Persatuan Motoris Indonesia di Bandung (sopir-sopir), Serikat Anak Kapal Indonesia di Priok (kelasi-kelasi), Persatuan Djongos Indonesia di Surabaya (jongos-jongos rumah), perkumpulan OJS Indonesia di Surabaya (pegawai maskapai trem Jawa Timur), dan juga koperasi-koperasi oleh anggota-anggota PNI.
Ketika PNI ini didirikan banyak hal yang mempenagaruhi dari mulai cara berpikir dan pola hidup seperti, keinginan akan kemerdekaan yang bertujuan kepada Indonesia Merdeka yang dimana-mana mulai menyala-nyala. Kesadaran atas persatua Indonesia menjadi suatu hal yang memang sudah sewajarnya, yang juga di junjung tinggi oleh golongan-golongan di daerah manapun. Pan-asiatisma (rasa senasib dengan bangsa-bangsa di seluru Asia, mulai hidup benar, bahasa melayu yang dijunjung tinggi oleh PNI (mengikuti jejak Perhimpunan Indonesia) sebagai “bahasa Indonesia” yang juga diakui oleh golongan-golongan lain . lalu Merah-Putih (warna dari perhimpunan Indonesia dan PNI) di junjung menjadi warna kebangsaan Indonesia. Lagu Indonesia Raya yang oleh PNI ditunjuk menjadi lagu kebangsaan.
Pemerintah jajahan yang membanggakan, bahwa ia membiarkan segala aksi, asal yang tidak bersifat komunis, termasuk dari PNI ini sendiri. PNI bukan saja didalam lingkungan partai itu tetapi juga diluarnya, mempunyai hasil yang amat besar sekali bagi bangsa Indonesia.

              C.   Bubarnya  PNI

Pemerintah Hindia Belanda mengawasi dengan ketat perkembangan PNI, meskipun p;ada waktu gerakannya, masih dalam taraf kewajaran. Gobee penasihat pemerintah urusan Bumiputra tetap tenang dan tidak khawatir sedikitpun, tetapi ia akan bertindak keras jika PNI bertindak ekstrem. Akan tetapi propaganda soekarno yang menarik mendapat dukungan masyarakat dan inilah yang menyebabkan PNI berkembang pesat, hingga gubernur jenderal dalam pembukaan sidang Dewan Rakyat pada tanggal 15 mei 1928 memandang perlu memberikan peringatan kepada pemmimpin PNI supaya menahan diri dalam ucapan dan propagandanya. Para pemimpin PNI tidak menghiraukan peringatan itu dan pemerintah memberikan peringatan kedua pada bulan bulan juli 1929.
Pada akhir tahun 1929 tersiar kabar yang bersifat provokasi bahwa PNI akan mengadakan pemberontakan pada awal tahun 1930. Berdasarkan berita provokasi itu pemerintah mengadakan penggeledahan dan menangkap pemimpin PNI yaitu Ir.soekarno, Maskun, Gatot Mangkupraja, dan Supriadinata pada tanggal 24 desember 1929. Soekarno sendiri ditangkap sepulang dari menghadiri kongres PPPKI di Surakarta yang pada waktu itu masih ada di Yogyakarta.
Perkara soekarno dkk itu baru sembilan bulan berikutnya yaitu 18 Agustus 1930 diajukan ke pengadilan landraad Bandung. Meskipun tentang rencana pemberontakan itu tidak terbukti apa-apa, tetapi karena menurut keadaanya tidak dapat dituduh, bahwa mereka itu mengusahakan adanya penberontakan, mereka itu sudah di hukum sebab oleh hakim dianggap :
a.    Sudah ikut pada suatu perkumpulan yang bertujuan hendak melakukan kejahatan.
b.    Sudah menghasut.
Keputusan landraad di Bandung yang menghukum Ir.soekarno 4 tahun penjara, Gatot Mangkuprojo 2 tahun, Maskun 1 tahun 8 bulan, dan Supriadinata 1 tahun 3 bulan. Pengadilan menjatuhkan hukuman berdasarkan pasal 153 dan 169 KUHP.  Keputusan itu ditetapkan oleh Raad van justitie pada 17 April 1931.
Hukuman terhadap pemimpin PNI ini juga mengandung pengertian bahwa barang siapa melakukan tindakan seperti pemimpin maka itu dapat dituduh melakukan kejahatan dan dapat dijatuhi hukuman. Jadi anggota yang masih meneruskan jejak dan langkah PNI ada dalam bahaya. Oleh karena itu atas pertimbangan ini khususnya dari segi keselamatan maka pengurus besar PNI memutuskan pembubaran PNI pada tahun 1931. Biarpun PNI itu masih muda, tetapi pengaruhnya amatlah besar daripada pengaruh organisasi-organisasi lain. 


D. Kesimpulan
Untuk mencapai tujuan tersebut maka PNI berasaskan
pada self help, yakni prinsip menolong diri sendiri, artinya memperbaiki keadaan
politik, ekonomi, dan sosial budaya yang telah rusak oleh penjajah dengan kekuatan
sendiri; nonkooperatif, yakni tidak mengadakan kerja sama dengan pemerintah
Belanda; Marhaenisme, yakni mengentaskan massa dari kemiskinan dan
kesengsaraan. Untuk mencapai tujuan tersebut, PNI telah menetapkan program kerja
sebagaimana dijelaskan dalam kongresnya yang pertama di Surabaya pada tahun
1928, seperti berikut.
           
1)      Usaha politik, yakni memperkuat rasa kebangsaan (nasionalisme) dan kesadaran
atas persatuan bangsa Indonesia, memajukan pengetahuan sejarah
kebangsaan, mempererat kerja sama dengan bangsa-bangsa Asia, dan menumpas
segala rintangan bagi kemerdekaan diri dan kehidupan politik. 
    
2)      Usaha ekonomi, yakni memajukan perdagangan pribumi, kerajinan, serta
mendirikan bank-bank dan koperasi.
          3) Usaha sosial, yaitu memajukan pengajaran yang bersifat nasional, meningkatkan derajat kaum wanita, memerangi pengangguran, memajukan transmigrasi, memajukan kesehatan rakyat, antara lain dengan mendirikan poliklinik.
Hukuman terhadap pemimpin PNI ini juga mengandung pengertian bahwa barang siapa melakukan tindakan seperti pemimpin maka itu dapat dituduh melakukan kejahatan dan dapat dijatuhi hukuman. Jadi anggota yang masih meneruskan jejak dan langkah PNI ada dalam bahaya. Oleh karena itu atas pertimbangan ini khususnya dari segi keselamatan maka pengurus besar PNI memutuskan pembubaran PNI pada tahun 1931. Biarpun PNI itu masih muda, tetapi pengaruhnya amatlah besar daripada pengaruh organisasi-organisasi lain.




DAFTAR PUSTAKA

Abdurrachman surjomidharjo,1979.pembinaan bangsa dan masalah historiografi. Jakarta:idayu.

Abeyesekere,Susan.1976.one hund Clapping:Indonesian national ists and the dutch 1939-1942. Clayton:monash papers,no.5.

Adam malik.1970.riwayat plokamasi.jakarta :Wijaya.

Alfian.1989.muhammadiyah Yogyakarta.:Gama press.

Ali Sastroamijoyo.1947.tonggak- tonggak di perjalananku.jakarta:kinta.

5 komentar:

  1. Bukankah PNI awalnya Pendidikan Nasional Ina ?

    BalasHapus
  2. Kak, kalau bisa backgroundnnya diterangkan ya! Materinya berbobot dan cukup lengkap. Good job!

    BalasHapus
  3. Penguji ..... jayachandra fadhlan
    Negara ...... Indonesia
    W / S ......... + 62 821-3272-6591
    Facebook ..... jayachandra fadhlan
    email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

    Nama saya jayachandra fadhlan,
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, ada begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta tetap saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSOTIK. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan memungkinkan ini membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya membutuhkan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lain untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Terima kasih lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    Perusahaan ..... Karina Elena Roland perusahaan pinjaman
    W / S .......... + 1 (585) -708-3478
    Facebook .... Elena karina Roland
    email ......... (karinarolandloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  4. Notis!! Notis!! Notis!!

    Adakah anda ingin membiayai semula perniagaan anda? Adakah anda memerlukan pinjaman Dalam Talian yang tulen untuk mendapatkan Bil anda? Memulakan perniagaan baru? Adakah anda memerlukan pinjaman peribadi? atau Pinjaman Perniagaan, Mohon pinjaman cepat dan mudah untuk memulakan pembiayaan baharu projek anda pada kadar faedah termurah 1.5%. Hubungi kami melalui e-mel:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]


    PERKHIDMATAN KAMI

    * Pinjaman Rumah
    * Pinjaman Kenderaan
    * Pinjaman Gadai Janji
    * Pinjaman Perniagaan
    * Kenderaan Kewangan
    * Pinjaman peribadi

    Adakah anda memerlukan sejumlah besar modal untuk memulakan cadangan atau pengembangan perniagaan anda? Adakah bank atau broker menolak Permohonan Pinjaman kerana Skor Kredit Rendah atau Kekurangan Cagaran? Jangan teragak-agak untuk menghubungi kami untuk kemungkinan kerjasama perniagaan. Kami menawarkan perkhidmatan pinjaman terjamin untuk kedua-dua warganegara dan bukan warganegara.

    Hubungi kami hari ini melalui e-mel: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus